Senin, 26 September 2016

Strategi Belajar Mengajar

Guru yang Ideal ?

Lokasi : SDN Ketawanggede Malang
Guru - Guru ideal merupakan guru yang tidak hanya mampu mengajarkan dan mampu menyampaikan materi saja di dalam kelas tetapi juga mampu menjadi orang tua kedua bagi siswa di sekolah dengan memahami karakteristik masing-masing individu di dalam kelas, mampu menjadi teladan yang baik bagi siswa dan menjadi sosok yang tegas ketika siswa melakukan hal-hal yang negatif. Selain itu guru juga harus mampu menjadi inspirator dan motivator bagi siswa sebagai pembentukan kepribadian awal untuk menggapai cita-cita siswa di masa yang akan datang. Jadi seorang guru harus memiliki 4 kompetensi yang harus di miliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik dengan menguasai semua bidang keilmuan, memiliki kompetensi sosial yaitu memiliki interaksi yang baik antar sesama makhluk sosial, selanjutnya kompetensi kepribadian yaitu kompetensi yang dimiliki oleh guru itu sendiri dan kompetensi profesional yang berkaitan dengan prestasi dan pendidikan guru itu sendiri.

Sosok seorang guru selama ini menurut saya ada yang sudah mampu menjadi guru ideal yang sudah saya jelaskan di atas dan ada juga yang belum karena beberapa faktor. Mungkin ada guru yang mempunyai kemampuan berfikir tinggi tetapi tidak dapat menjadi orang tua kedua bagi siswa dalam arti masih terdapat batasan yang kuat antara guru dan siswa. belum adanya sikap kekeluargaan antara guru dan siswa. Ada pula guru yang mampu mengayomi siswanya tetapi mempunyai kemampuan berfikir yang terbatas. Sosok seorang guru mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.
Kendala seorang guru untuk menjadi guru yang ideal menurut pendapat saya karena kemampuan masing-masing guru berbeda-beda, misalkan dari segi ketrampilan mengajar di kelas, pendekatan terhadap diri siswa, pendidikan guru, masalah-masalah yang di hadapi guru dan juga pengalaman mengajar guru.
Guru yang ideal diawali dengan guru harus mengenali bahwa dirinya adalah seorang guru yang nantinya akan di contoh anak didiknya. Guru juga harus menguasai semua bidang keilmuan yang akan diajarkan dan mampu menempatkan diri ketika di rumah maupun di sekolah.
Calon guru harus membentuk kepribadian yang baik agar kelak ketika menjadi seorang guru menjadi guru teladan sebagai pribadi yang dapat di contoh ole anak didiknya. Selain itu mempersiapkan diri dari segi pengetahuan, ketrampilan, kekreatifan dalam mengajar sebaik mungkin. Terutama dari segi berpakaian, dalam bbertutur kata dan dalam bergaul.
Sebagai seorang calon guru, saya sedang berusaha membentuk kepribadian yang baik, baik dari segi berpakaian, bertutur kata dan sopan santun. Dari segi mempersiapkan sebagai seorang pengajar masih belum menguasai apa saja yang harus dilakukan guru tetapi itu tidak menjadi masalah karena itu menjadi motivasi saya untuk menjadi guru yang profesional.
Biasanya ada kendala yang dihadapi yaitu hanya dari diri sendiri yang biasanya mengulur-ngulur waktu, dengan beitu tugas akan menumpuk. solusinya dengan diperbanyak motivasi-motivasi yang membangun yang bertujuan untuk membangun motivasi untuk melakukan semua kegatan dengan cepat dan tepat. selain itu bisa dengan merefresh pikiran misalnya dengan membaca buku, berkunjung ke tempat-tempat yang dapat menyegarkan pikiran dan lain sebagainya.

"Manfaatkan satu detik dengan bertasbih, satu menit dengan berfikir, dan satu jam dengan bekerja"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar